IKM

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menggelar Gelar Produk IKM Jakarta di Mal Sarinah Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, mulai 25 Februari sampai 1 Maret 2020.

Kegiatan yang merupakan rangkaian peluncuran Jakpreneur ini melibatkan 26 pelaku Jakpreneur binaan yang sudah melalui proses pembinaan. Rinciannya, 10 IKM komoditi makanan dan minuman, tujuh industri kecil dan menengah (IKM) komoditi fesyen, delapan produk kerajinan atau kriya, dan satu IKM sabun.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan bertema “Jakpreneur: Inovatif, Kreatif, Mandiri dan Unggul” ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas IKM binaan sekaligus sebagai sarana promosi dan fasilitasi pemasaran produk IKM.

“Kami berkolaborasi dengan PT Sarinah Persero menyelenggarakan kegiatan ini untuk mendukung perluasan pemasaran para IKM binaan Pemprov DKI Jakarta yang sekarang bernama Jakpreneur,” ujarnya, Rabu (26/2).

Ratu menjelaskan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi IKM binaan untuk memperkenalkan para pelaku IKM secara utuh kepada konsumen. Sektor UMKM dan IKM telah menggerakkan lebih dari 90 persen roda perekonomian Jakarta.

“Kegiatan ini juga sebagai wadah pengembangan ekonomi kreatif di DKI Jakarta sehingga mampu bersaing di pasaran. Harapan kami, kolaborasi ini dapat direplikasi oleh sektor swasta dan BUMN/BUMD lain dalam rangka meningkatkan kualitas IKM binaan dengan penyediaan ruangan, prasarana, dan sarana, untuk gelar produk IKM,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain menampilkan produk-produk IKM yang berkualitas, kegiatan ini juga akan diisi dengan beberapa workshop selama pelaksanaannya. Selain itu, Gelar Produk IKM Jakarta juga akan dimeriahkan dengan penampilan artis dari salah satu ajang pencarian bakat di televisi. (hop)