Taksi Helikopter

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Utama PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyediakan layanan taksi helikopter sebagai alternatif transportasi dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

“Kita sendiri punya apps di situ ada distance-nya dari Cengkareng heliport ke 72 titik di Jakarta dan Jabodetabek, dan range price sekitar Rp 8 jutaan hingga Rp 20 jutaan itu facility-nya ada tiga sampai empat passenger. Kalau carter flight di atas Rp 20 jutaan harganya,” terang Denon, Jumat (26/2).

Denon mengatakan, layanan ini sudah ada sejak bandara helikopter (heliport) komersial di Soetta beroperasi pada 2019 lalu.

“Di Soetta ini, sebelum covid-19, kan ada 60 juta penumpang. Ada belasan airlines nasional dan 33 airlines asing dan potensinya lumayan,” ujarnya.

Denon melanjutkan, ada dua jenis helikopter yang bisa digunakan sebagai transportasi alternatif, yakni helikopter helicity serta helikopter kelas VIP.

Heliport Bandara Soetta sendiri memiliki 10 hanggar yang mampu menampung 50 helikopter jenis Bell 505 atau setara dengan 20 unit helikopter Bell 429/Airbus H130.

Ke depan, heliport dengan investasi Rp 80 miliar itu juga akan dilengkapi dengan shooting point dan instalasi lampu untuk mendukung penerbangan malam. Lalu ada customer lounge, cafe, kantor, fasilitas beserta person evacuation medic (heli medis).

“Kami akan ada juga pelayanan medical evacuation dari dan menuju rumah sakit-rumah sakit, bagi masyarakat yang kondisi tertentu tidak bisa dengan kendaraan umum,” jelasnya. (ant)