Twitter

Kastara.ID, Jakarta – Twitter dinyatakan tengah merancang fitur baru yakni fitur kirim atau transfer uang Twitter yang memungkinkan pengguna dapat memberikan tip kepada pengguna lain.

Pengembang aplikasi bernama June Machun Wong menyatakan lewat unggahan di akun Twitternya. Pada postingan itu ia melampirkan tangkapan layar yang menunjukkan adanya tombol Cash di bagian atas pengguna, atau disebut Tip Jar pada Twitter di iOS 14.

Dengan mengetuk ikon tersebut, halaman akan menampilkan menu dropdown dengan opsi pembayaran melalui Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo.

Selain itu, fitur ini juga ditemukan di halaman profil Twitter Space, yang merupakan fitur pesaing Clubhouse besutan Twitter. Ini pertama kali ditemukan Wong pada bulan Maret.

Dikutip iMore, uji coba fitur tersebut dianggap seperti mematangkan konsep ekosistem Twitter yang bisa dimonetisasi bagi para penggunanya. Twitter juga dilaporkan tengah mengembangkan fitur Super Follow.

Fitur ini berbeda dengan Follow biasa, karena pengguna lain harus berlangganan berbayar untuk bisa mengakses unggahan atau konten eksklusif dari akun kreator yang masuk pada kategori tersebut diberitakan The Verge.

Dalam tangkapan layar mockup, Twitter menunjukkan contoh pengguna mengenakan biaya USD 4,99 per bulan atau sekitar Rp 72.000 untuk menerima serangkaian fasilitas.

Konten tersebut yakni berupa tweet bonus, langganan buletin, akses ke grup komunitas, hingga lencana yang menunjukkan dukungan pengguna. Hal yang berbeda pada Super Follow yakni menampilkan ikon dan teks dalam warna hitam, bukan warna biru khas Twitter. (nth)