Puncak Bogor

Kastara.ID, Jakarta – Kepolisian akan menerapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi menumpuknya arus kendaraan selama libur panjang pekan ini. Salah satunya penerapan skema contraflow di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan skema contraflow mulai diterapkan pada KM 47 sampai kilometer 62.500 di Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Skema ini bersifat situasional sambil melihat jumlah kendaraan yang melintas di sepanjang jalur tol tersebut.

“Untuk jalan tol bila terjadi kepadatan tetap akan diberlakukan contraflow terutama di Km 47 sampai dengan 62.500 tol Jakarta-Cikampek (Japek) situasional,” ujar Dedi dalam keterangannya, Kamis (26/5).

Selain skema contraflow, Polri juga turut menerapkan sistem ganjil genap (gage) dan one way khususnya di kawasan Puncak, Bogor.

Hal ini dilakukan karena kawasan Puncak, Bogor menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat khususnya dari Jakarta selama libur panjang. Skema tersebut diharapkan dapat mengantisipasi kemacetan panjang masyarakat yang hendak berwisata.

“Untuk lokasi wisata di puncak pengaturan ganjil genap dan one way pada saat naik pagi hari dan one way turun siang hari atau situasional,” tukasnya. (ant)