Ambulans

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dihebohkan dengan video yang memperlihatkan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang menghentikan laju ambulans demi memberi jalan iring-iringan mobil pejabat. Warganet pun melontarkan kritikan atas kejadian yang diketahui berada di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara itu. Warganet menilai petugas Dishub tidak memahami aturan yang ada.

Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) Jakarta Utara Harlem Simanjuntak menjelaskan, petugas di lapangan sudah memahami aturan. Termasuk memberikan prioritas kepada ambulans dan pemadam kebakaran.

Namun untuk peristiwa dalam video tersebut, Harlem menuturkan, petugas Dishub sudah ada di lokasi sebelum ambulans datang untuk melintas. Saat memberikan keterangan (25/6), Harlem menjelaskan, penghentian ambulans yang dilakukan karena rangkaian mobil pejabat yang melintas tak dapat dihentikan secara mendadak.

Mobil pejabat tersebut berjalan dengan kecepatan tinggi. Sehingga perlu ada pengaturan di lokasi agar tidak terjadi tabrakan. Sehingga ambulans yang akan melintas terpaksa dihentikan jalannya saat iring-iringan mobil pejabat tersebut melintas.

Harlem menegaskam pihaknya bukan memprioritaskan iring-iringan mobil pejabat. Semua dilakukan untuk pengaturan agar semua selamat dan aman. Meski demikian Harlem enggan menyebut siapa pejabat yang ada dalam iring-iringan tersebut.

Sebelumnya sebuah video ambulans tertahan di jalan lantaran diminta mendahulukan iring-iringan mobil pejabat menjadi viral di media sosial (medsos). Video berdurasi 14 detik itu diunggah oleh akun @infokomando (25/6).

Dalam rekaman tersebut terlihat iringan-iringan mobil pejabat diprioritaskan untuk melintas. Padahal pada saat bersamaan lewat pula mobil ambulans. Meski dengan sirine yang meraung ambulans bertuliskan Puskesmas Cilincing itu tetap diminta berhenti.

Peristiwa yang terjadi pada Rabu (23/6) itu menjadi perhatian warga dan pengguna jalan lainnya. Beberapa orang bahkan berteriak, “Pak, emergency Pak, Pak, emergency pak.” Namun teriakan itu tidak dipedulikan. Petugas berseragam mirip Dishub tetap berdiri di depan mobil ambulans. Ia berdiri sambil mengatur iringan-iringan mobil pejabat jalan. (ant)