Kastara.id, Jakarta – Puncak rangkaian Ancol Asian Festival digelar meriah tadi malam (25/8). Menariknya, sekitar 800 Kepala Wilayah yang terdiri dari Wali Kota, Camat, Lurah, dan Ketua RW terpilih di enam penjuru kota Jakarta tumplek blek mengenakan busana adat dari provinsi yang tersebar di Indonesia.

Ancol Asian Festival  yang dimulai pada pukul 20.00 WIB berpusat di kawasan lampion Asia di Pantai Festival Ancol. Menampilkan beragam hiburan mulai dari tarian nasional sampai tarian dari negara-negara di Asia. Acara ditutup dengan penampilan penyanyi Lea Simanjuntak dan kembang api spektakuler.

Uniknya, para kepala wilayah yang hadir juga mengikuti lomba busana daerah. Dari setiap kotamadya di Jakarta mengirimkan perwakilannya untuk tampil dan berlenggok bagai peragawan dan peragawati di panggung dengan busana daerah. Perwakilan enam penjuru Kota Jakarta tersebut memperoleh hadiah menarik berupa souvenir dari sponsor (Bank DKI) dan tiket rekreasi Ancol. Apresiasi juga diberikan kepada Lurah yang mengenakan busana daerah terbaik. Dari 267 Lurah terpilih Lurah Warakas, Marunda, Pademangan Barat, dan Kelapa Gading Barat yang meraih apresiasi dan disampaikan hadiah oleh Wali Kota Jakarta Utara.

Juga hadir sejumlah atlet dari cabang olahraga air layar dan jetski menikmati pagelaran malam budaya tersebut.

“Acara malam ini berjalan dengan lancar dan meriah, kami sebut sebagai Malam Persahabatan yakni “meet and greet” antara para pejabat dan kepala wilayah yang berada di Provinsi DKI Jakarta bersama perwakilan atlet Asian Games 2018, dengan tujuan memperkenalkan serta melestarikan budaya yang ada di Indonesia,” ujar C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol.

Hal ini juga menunjukkan bahwa dengan keragaman budaya yang berbeda-beda tetapi tidak mudah dipecah belah. Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pedoman bersatunya bangsa.

Sebagai destinasi wisata yang juga menjadi venue cabang olahraga air Asian Games jetski dan layar, Ancol Taman Impian tidak pernah berhenti untuk melakukan inovasi dan program acara yang menarik dan mengedukasi pengunjungnya. Sehingga selalu mendapat dukungan yang positif dari mitra dan sesama BUMD yang bergabung mensuksekan setiap rangkaian acara. Seperti adanya partisipasi dari PT Bank DKI, restoran Bandar Djakarta, PT Sinar Sosro, dan Hydro Coco yang ikut begabung mensukseskan acara. (hero)