PTT Thailand Grand Prix 2018

Kastara.id, Phillip Island – Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan pembalap tim satelit LCR Honda Cal Crutchlow sepakat soal keberhasilan Marquez karena penampilannya yang begitu konsisten.

Hingga musim MotoGP tahun ini, Marquez telah mengoleksi liga gelar utama dalam enam musim di MotoGP. Ia hanya gagal di tahun 2015 lalu.

“Saya pikir aset terbesarnya adalah dia selalu tampil kuat,” aku Rossi yang memuji penampilan Marquez seperti dilansir Speedweek.

“Di beberapa sirkuit dan dalam beberapa kondisi, kadang ada pembalap yang dapat mengikuti Marquez, tapi mereka tidak dapat selalu selevel dengannya. Sulit mengatakan di mana batasnya. Sejujurnya, saya sebenanya tidak tahu,” imbuh Rossi.

Pun dengan Crutchlow yang menyebut Marquez sebagai pembalap paling konsisten.

“Ketika Marquez ada di tiap pekan balap, ia tampil lepas apapun situasinya. Seburuk-buruknya balapan Marquez adalah finis keempat, tapi ini hanya terjadi satu atau dua kali,” papar pembalap Inggris itu.

Bahkan, lanjut Crutchlow, jika Marquez melakukan kesalahan dalam Latihan Bebas dan kualifikasi, dia masih bisa menunjukkan balapan yang fantastis.

“Kita semua tahu sangat sulit untuk mengalahkannya. Ada di mana hari-hari ketika Anda bisa mengalahkannya, tapi kesempatannya tak banyak. Jika bisa mengalahkan Marquez, itu adalah kesempatan yang sangat kecil karena sangat sulit,” jelas Cruthclow.

Hingga musim balap tahun ini, Marquez sudah merengkuh lima gelar juara dunia di kelas utama. Namun masih menyimpan pertanyaan apakah dirinya akan tetap menjadi pembalap Honda atau bakal pindah ke tim lain suatu hari nanti. (dwi)