Yusril Ihza Mahendra

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan posisi untuk kader Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Hanura. Pramono menyebut kader kedua partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 itu bakal menempati salah satu posisi dipemerintahan untuk lima tahun ke depan.

Meski demikian, Pramono belum bisa menjelaskan posisi apa yang bakal diberikan kepada PBB dan Partai Hanura. Pasalnya hal itu menjadi kewenangan Jokowi untuk memutuskannya. Namun Pramono menegaskan, Jokowi tetap memikirkan semua partai yang mendukungnya pada Pilpres 2019. Saat berbicara di Kompleks Istana Presiden (25/11), Pramono menjelaskan, Jokowi telah membuat ‘aturan main’ bagi partai pendukung yang ingin mendapat jatah kursi. Namun politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini tidak menjelaskan aturan main yang dimaksud.

Seperti diketahui, pada Pilpres 2019 pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin didukung sepuluh partai, yakni PDIP, Golkar PKB, Nasdem, PPP, PSI, Perindo, PKPI, PBB, dan Hanura. Dari sepuluh parpol tersebut hanya PBB dan Hanura yang belum kebagian jatah kursi jabatan. Sejak pengangkatan menteri sampai staf khusus, Jokowi sudah hampir memberikan kursi kepada seluruh kader partai pendukung, kecuali Hanura dan PBB. (ant)