Lobster

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pihaknya berhati-hati dalam membuat kebijakan. Jokowi, menurut Edhy, juga meminta semua aturan diperhitungkan dengan baik. Salah satunya tentang rencana pencabutan larangan ekspor benih lobster.

Saat berbicara di Jakarta (25/12), Edhy menjelaskan rencana membolehkan ekspor benih lobster justru untuk menjaga keberlangsungan industri maritim dalam negeri. Itulah sebabnya Edhy meminta semua pihak melihat rencana tersebut tidak hanya dari satu sudut pandang. Menurut politisi Partai Gerindra ini pencabutan aturan larangan impor benih lobster hanyalah salah satu di antara banyak peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang sedang diperbaiki. Edhy yakin rencana tersebut bakal bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Edhy memaparkan, berdasarkan riset yang telah dilakukan, terdapat 27 juta benih lobster yang tersebar di seluruh Indonesia.  Rencana ekspor benih lobster merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir kerugian terhadap penangkapan benih lobster ilegal.

Seperti diketahui, beberapa pihak menentang rencana pencabutan larangan ekspor benih lobster. Para nelayan khawatir jika pemerintah mengizinkan ekspor benih lobster, hewan laut itu akan punah. Itulah sebabnya para nelayan meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan mempertahankan peraturan yang dibuat oleh menteri sebelumnya, Susi Pudjiastuti. (ant)