RTH

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 16 taman atau ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta Selatan dibuka untuk umum selama pemberlakuan PPKM Level 3 di wilayah DKI Jakarta.

Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Jakarta Selatan, Winarto mengatakan, pembukaan 16 taman untuk umum ini disertai penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Belasan taman yang sudah dibuka untuk umum di antaranya Taman Mataram, Taman Ayodia, Taman Kebagusan, Taman Gandaria Tengah V, Taman Mataram Timur, Taman Sriwijaya, Taman Tabebuya, Taman Swadarma, Taman Langsat, Taman Puring, Taman Marga Satwa Ragunan, dan Hutan Kota Sangga Buana.

“Kami menyiagakan petugas di pintu masuk taman yang sudah dibuka untuk memantau penerapan protokol kesehatan pengunjung. Kapasitas warga yang berkunjung ke taman hanya diizinkan 50 persen,” ujar Winarto, Ahad (27/2).

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan penelitian atau survei terlebih dahulu sebelum taman-taman tersebut dapat dikunjungi warga.

“Kami melihat kondisi di sekitar taman dan memastikan tersedianya sarana dan prasarana protokol kesehatan di antaranya penyediaan tempat cuci tangan dan personel yang berjaga,” jelasnya.

Ditambahkan Winarto, pengunjung wajib melakukan scan barcode di pintu masuk taman, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh, menjaga jarak dan memakai masker.

“Setiap pekan kami melakukan evaluasi pelaksanaan dari dibukanya belasan taman untuk umum. Sejauh ini, pengunjung mematuhi prokes guna memutus penyebaran COVID-19,” tandasnya. (hop)