Korea Utara

Kastara.ID, Jakarta – Di tengah kesimpang siuran kabar kematian Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, pemerintah Korea Selatan (Korsel) justru membuat pernyataan berbeda. Penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Moon Chung-in menyatakan Kim Jong Un baik-baik saja dan salam kondisi sehat.

Dikutip dari CNN (26/4), Moon Chung-in menjelaskan Kim Jong Un kini tengah berada di tempat perisitahatannya di Wosan, Korut. Jong Un berada di Wosan sejak 13 April 2020 dan sejauh ini tidak ada gerakan yang mencurigakan.

Kondisi kesehatan Jong Un memang tengah menjadi sorotan. Bahkan ia dikabarkan telah meninggal dunia. Terlebih Jong Un tidak menghadiri peringatan hari lahir kakeknya, Kim Il Sung pada 15 April 2020. Padahal hari lahir pendiri Korut itu adalah hari paling penting di negara yang menganut politik tertutup itu.

CNN melaporkan, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan Jong Un dalam bahaya besar setelah menjalani operasi. Pejabat AS lainnya menyebut laporan tentang kondisi Jong Un bisa dipercaya. Namun tidak bisa dipastikan tingkat keparahannya.

Sementara itu Daily NK, media yang dikelola oleh para pembelot Korea Utara, melaporkan Jong Un telah menjalani sejumlah prosedur kardiovaskular. Hal ini lantaran Jong Un menderita gangguan kesehatan akibat merokok, obesitas, dan terlalu sibuk bekerja. Saat ini putra dari Kim Jong Il itu tengah menjalani masa pemulihan di sebuah villa di Provinsi Pyongyang Utara. (har)