Lubang Resapan Biopori (LRB)

Kastara.ID, Depok – Lurah Sukamaju Nurhadi, mendorong agar setiap rumah di wilayahnya membuat sebanyak dua Lubang Resapan Biopori (LRB). Langkah ini dilakukan guna menwujudkan program pembuatan 100.000 LRB yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Kecamatan Cilodong menargetkan masing-masing kelurahannya membuat 2.000 lubang. Kalau satu rumah satu lubang saja sudah melebihi target, tapi kami akan maksimalkan dua lubang setiap rumah,” kata Nurhadi seperti diwartakan situs resmi Pemkot Depok (26/4).

Dia menyebutkan, terdapat 30 Rukun Warga (RW) dan 168 Rukun Tetangga (RT) di kelurahannya. Seluruh pengurus wilayah pun telah diberikan imbauan terkait pembuatan sarana resapan air tersebut.

Dia menambahkan, warganya sudah memahami terkait manfaat dari lubang biopori. Selain dapat menyerap air hujan lebih banyak ke tanah, sarana ini juga dapat menjaga ketersediaan air tanah.

“Salah satu titik genangan air di RT 01 RW 11 sudah dibuat lubang resapan air yang cukup besar, itu kami apresiasi. Untuk wilayah lainnya akan kami monitoring ke lapangan,” pungkasnya. (dha)