Sonovac

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui virus corona atau Covid-19 varian baru sudah masuk ke Indonesia. Covid-19 varian baru tersebut sama dengan yang saat ini tengah melanda India. Menurut Budi, sudah ada 10 orang di Indonesia yang terpapar Covid-19 varian baru itu.

Saat menggelar konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden (26/4), Budi menyatakan virus corona varian baru ini telah menyebabkan lonjakan luar biasa kasus Covid-19 di India. Namun Budi tidak menjelaskan secara lebih detail maksud dari mutasi dan varian baru Covid-19 yang dimaksudnya.

Mantan Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini hanya menjelaskan sudah ditentukan 10 orang yang tertular Covid-19 varian baru hasil mutasi. Budi merinci, enam orang tertular di luar negeri dan empat orang terpapar akibat transmisi lokal. Budi menegaskan, saat ini pihaknya terus memantau dan menjaga orang-orang yang telah tertular Covid-19 varian baru.

Saat ini, pemerintah terus meningkatkan pengawasan di kawasan tersebut. Budi juga mengingatkan kawasan lain, terutama di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan untuk lebih berhati-hati. Kontrol harus selalu dilakukan, apakah di wilayah lain sudah ada penularan Covid-19 varian baru atau belum. (ant)