Perkembangan klinis dan radiologis dianggap memuaskan, namun, karena sifat fraktur dan waktu yang telah berlalu, tim medis yang dipimpin oleh Dr. Roger de Oña bersama dengan Marquez, telah memutuskan untuk melanjutkan pemulihan dan persiapannya selama beberapa minggu mendatang.

Karena itu Marquez akan melewatkan MotoGP Spanyol akhir pekan ini.

Pembalap Repsol Honda itu akan terus melanjutkan pemulihan, dengan kemungkinan comeback di MotoGP Prancis pad 12–14 Mei yang akan datang.

“Kemarin kami melakukan CT scan lagi dan telah dipastikan bahwa terlepas dari fakta bahwa cederanya berkembang dengan baik, penyembuhan tulangnya belum selesai dan balapan di Jerez berisiko. Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan comeback ke Le Mans. Saya sangat menyesal melewatkan Grand Prix Spanyol karena selalu istimewa, karena suasananya, balapan di rumah sendiri dan yang terpenting, melihat dan menikmati para penggemar. Saya akan melanjutkan rehabilitasi dan bekerja untuk kembali secepat mungkin. Terima kasih atas pesan dukungan Anda!” kata Marquez yang dirilis HRC.

Sebagai pembalap pengganti, Honda tidak lagi menggunakan pembalap Jerman, Stefan Bradl di seri kali ini.

Pembalap Spanyol, Iker Lecuona, yang berlaga di Superbike untuk tim HRC, akan menjadi pengganti Marquez untuk Grand Prix Spanyol.

Sementara Bradl akan tetap membalap untuk Honda, tapi statusnya sebagai pembalap wildcard, bukan pembalap pengganti. (tra)