Kaatara.ID, Jakarta – Gerdie Hutomo Nurhadi menjadi salah satu pemenang lomba fotografi Color of Jakarta yang digelar Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

Gerdie berhasil menyabet dua piala pada lomba bertema ‘Karya Untuk Jakarta’ ini yakni Juara 1 untuk kategori Landscape dan Juara 2 kategori Public Space.

Gerdie mengaku, ini adalah kali keenam dirinya mengikuti lomba Color of Jakarta. Semangat dalam menghasilkan karya terbaiknya yang tidak pernah padam terbukti membuahkan hasil.

“Bolak-balik ke lokasi untuk mencari momentum yang tepat, seperti kondisi cuaca dan langit yang bagus. Karena Jakarta langitnya tidak selalu bagus. Saya datang jam 3-4 sore, kalau bagus foto, kalau tidak ya pulang. Selain itu tunggu ada orang di Halte Bunderan HI, pas jam buka puasa jadi sepi, biasanya penuh,” ujar Gerdie pada acara Awarding Color of Jakarta Tahun 2023 di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/7).

Gerdie mengaku senang lantaran para pemenang lomba diundang Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono hadir pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mendatang di Istana Negara.

“Saya senang bisa diundang ke Istana, soalnya belum pernah masuk ke Istana. Semoga lomba ini tiap tahun ada terus, hasil foto-fotonya makin bagus juga. Wisatanya makin maju karena foto-foto ini,” kata Gerdie.

Salah seorang juri yang berprofesi sebagai Travel Fotografer and Videografer, Barry Kusuma mengatakan, para juri mengedepankan karya fotografi yang berbeda pada Color of Jakarta tahun ini. Mereka menilai karya fotografi yang tidak melulu melalui drone tapi juga menonjolkan sisi humanis.

“Kita cari tahun ini yang benar-benar fresh, yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena kita lebih banyak mengambil gambar yang pendekatannya secara humanis. Tahun ini kita bisa melihat begitu banyak tema dan tidak mesti drone melulu, pengguna smartphone dan semua kamera diperbolehkan jadi pesertanya bervariasi dari penghobi foto sampai profesional foto,“ urai Barry.

Sementara Digital Creator @geonusantara, Yusie Meiti mengaku, penilaian karya fotografi pada lomba kali ini cukup ketat dan selektif. Pasalnya, terdapat 3.115 karya terkumpul untuk empat kategori.

“Ketat, kita betul-betul seleksi 3.000-an karya itu dari awal penyisihan,” ucap Yusie.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Color of Jakarta tahun 2023 mencatat sebanyak 3.115 karya fotografi yang terkumpul untuk empat kategori. Dengan rincian 455 karya foto kategori Jakarta Landscape, 557 karya foto kategori Public Space, 491 karya foto kategori Human in Jakarta, dan 1.612 karya foto kategori Photo Series. (hop)