Jumantik

Kastara.ID, Depok – Guna menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) terus melakukan pemantauan jentik-jentik nyamuk di wilayah kerjanya. Pihaknya mengaktifkan kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk mencari jentik nyamuk di tempat yang dapat menampung air saat musim penghujan.

“Kami maksimalkan peran kader jumantik setiap RW untuk memantau perkembangan jentik nyamuk di tempat yang kerap tergenang air,” tutur Kepala UPTD Puskesmas PGS Sulaeman Iskandar yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Senin (27/9).

Menurut Sulaeman, petugas puskesmas bersama kader jumantik melakukan pemeriksaan jentik berkala setiap satu kali dalam seminggu.

Selain melakukan pemantauan, lanjut dia, kader jumantik juga memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menutup, mengubur, dan menguras (3M) Plus.

“Mari sama-sama menggiatkan PSN dari diri sendiri untuk lingkungan sekitar. Semua itu agar kita terbebas dari DBD,” tandasnya. (dha)