SEA Games Filipina 2019

Kastara.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas Kontingen Indonesia untuk mengikuti gelaran SEA Games 2019 Filipina, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11).

Pelepasan para atlet ini berlangsung ketika cuaca di Kota Hujan mendung. Rintik hujan sempat turun saat Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan laporan terkait SEA Games Filipina.

Zainudin mengatakan, total atlet yang berangkat dalam kejuaraan olahraga kawasan ASEAN ini sebanyak 841 atlet, dengan rincian 60 persen atlet junior dan 40 persen atlet senior.

Ia menyebutkan bahwa kontingen Indonesia mengikuti sekitar 52 cabang olahraga. Ajang multicabang ini akan berlangsung mulai dari 30 November sampai 11 Desember 2019.

Jokowi menyerahkan bendera merah putih kepada Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari, kemudian diberikan ke Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019 Harry Warganegara.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyatakan para atlet ini merupakan wakil dari masyarakat Indonesia untuk tampil di SEA Games. Ia menyebut semangat untuk membawa reputasi Indonesia berada di tangan para atlet. (tra)