Pondok Indah Mall

Kastara.ID, Jakarta – Setelah sebelumnya dikabarkan mengalami penurunan kesehatan hingga harus cuci darah, pengusaha Ciputra meninggal dunia dalam usia 88 tahun di Singapura pada Rabu (27/11) pukul 01.05 waktu Singapura.

Dilansir dari kompas.com, nama Ciputra sangat lekat dengan dunia properti. Bukan tanpa alasan, Ciputra merupakan pendiri dari Ciputra Group dengan puluhan anak cabang, salah satunya PT Ciputra Properti Tbk. Selain itu, ia dikenal sebagai pengembang yang memiliki proyek properti di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa portofolionya, antara lain BSD City, CitraRaya Tangerang, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, serta proyek-proyek lainnya. Atas kepiawaiannya dalam bidang properti, Ciputra pernah dipercaya untuk menduduki posisi tertinggi sebagai presiden di Federasi Perusahaan Real Estate Sedunia (FIABCI) periode 1989-1990.

Dedikasi Ciputra di bidang properti, berhasil membawanya untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 1995. Selain itu, ia juga berhasil menerima The BrandLaureate Hall of Fame-Lifetime Achievement Brand Icon Leadership Award, The BrandLaureate Book of World Records, Lifetime Achievement Luminary Award 2013 dari Channel News Asia pada tahun 2013, serta segudang prestasi lainnya.

Dengan berbekal Ciputra Group, Ciputra mampu meraup kekayaan hingga USD 1,3 miliar atau setara Rp 18,3 triliun (kurs Rp 14.085 per USD). Kekayaan ini membawa nama Ciputra ke peringkat 1.941 orang terkaya di dunia pada tahun 2019, dan orang terkaya nomor 27 di Indonesia dalam Indonesia’a 50 Richest 2018.

Selain di bidang properti, Ciputra juga tertarik di bidang seni, yakni dengan mendirikan Penerbit Pustaka Jaya bersama sastrawan Ajib Rosidi. Di bidang kebudayaan, ia membangun “Ciputra Artpreneurship” yang terdiri dari lima bagian, yakni museum, galeri, ruang pameran, studio, dan performance art. Di bidang kesehatan, ia mendirikan Ciputra Hospital. Bahkan, di usia 75 tahun, ia mengembangkan bidang pendidikan dengan membangun Universitas Ciputra. (mar)