Mangrove

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis Pusat Budidaya dan Konservasi Laut (UPT PBKL) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta telah merealisasikan penanaman 66.500 pohon bakau atau mangrove di wilayah Kepulauan Seribu dalam periode Januari-26 November 2021.

Kepala UPT PBKL Dinas KPKP DKI Jakarta, Zaenab Biki mengatakan, penanaman pohon bakau ini terus dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem dan mencegah terjadinya abrasi hingga mengurangi dampak efek rumah kaca akibat perubahan iklim secara ekstrem.

“Tahun ini kami menargetkan dapat menanam sekitar 70.000 pohon bakau,” ujarnya, Sabtu (27/11).

Menurutnya, 66.500 pohon bakau yang telah ditanam tersebar di beberapa pesisir pulau permukiman dan pulau kosong yang berpotensi sebagai pulau wisata dari mulai pesisir utara Pulau Tidung Kecil, pesisir Pulau Kongsi, pesisir pulau permukiman di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan serta pesisir Pulau Semak Daun.

“Penanaman terbanyak dilakukan di pesisir wilayah pulau permukiman yang mencapai 20 ribu pohon bakau,” tandas Zaenab Biki. (hop)