MotoGP 2019(motogp.com)

Kastara.ID, Jerez – Mulai musim 2019 KTM akan diperkuat oleh dua pembalap tangguh, mereka adalah Johann Zarco dan Dani Pedrosa.

Zarco akan menemani Pol Espargaro di tim utama, sementara Pedrosa akan bertindak sebagai pembalap penguji dalam pengembangan mesin RC16.

Manajer tim Red Bull KTM Factory Racing, Mike Leitner, sangat mengharapkan masukan-masukan teknis dari Zarco dan Pedrosa.

“Zarco akan memberikan idenya juga,” papar Leitner seperti dilansir Speedweek.

Pedrosa yang akhirnya menguji motor RC16 untuk pertama kalinya minggu lalu di Jerez, juga akan punya peran yang sangat penting untuk membantu pabrikan asal Austria itu.

Tapi karena pembalap Spanyol itu masih terikat kontrak dengan HRC sampai 31 Desember, KTM tidak diperbolehkan memposting gambar sebelum 1 Januari dan tidak akan membicarakan detail soal uji coba bersama Pedrosa di sirkuit Jerez kemarin.

Tapi bukan rahasia lagi bahwa Pedrosa dengan 13 tahun pengalaman MotoGP bersama Honda, akan menjadi sumber informasi yang kaya untuk para insinyur KTM.

Apalagi Pedrosa sukses tiga kali menjadi runner-up di kelas MotoGP dan telah mencetak 44 kemenangan di kelas utama.

Leitner juga pernah berada di Repsol Honda sampai akhir tahun 2014, pernah menjabat sebagai kepala kru Pedrosa, dan sekarang keduanya ada di pihak KTM. Menurutnya, KTM menjadi lebih kuat dan ingin membawa tim penguji selangkah lebih maju, apalagi sekarang punya pembalap dengan banyak pengalaman.

Pedrosa adalah pembalap dengan banyak pengalaman. Selain pembalap MotoGP yang berpengalaman, Pedrosa bisa fokus pada aspek yang tidak bisa diminta kepada pembalap
penguji kali sebelumnya (Mika Kallio) lakukan, karena jauh dari MotoGP selama beberapa tahun.

“Di KTM kita sekarang berada pada level teknis, di mana kita bisa mendapat banyak manfaat dari pengetahuan Pedrosa. Dengan bantuannya kita dapat membuat langkah besar selanjutnya,” jelas Leitner. (lan)