Zero Waste City

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyatakan, keberadaan bank sampah di wilayah harus terus ditingkatkan karena memiliki peranan penting dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Dalam meningkatkan keberadaannya, perlu dukungan dari unsur Pentahelix di Depok agar bisa maksimal dalam mewujudkan Zero Waste City.

“Lima unsur Pentahelix yaitu pemerintah, komunitas, media, akademisi, dan bisnis harus turut berkontribusi dalam mendukung program Bank Sampah dalam mengatasi permasalahan lingkungan,” tutur Imam saat menghadiri peluncuran Produk Ramah Lingkungan Komunitas Bank Sampah Menuju Zero Waste City di Kantor Kecamatan Sukmajaya, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Senin (27/12).

Menurut Imam, dengan dukungan dari Pentahelix diharapkan bisa mempercepat perbaikan lingkungan melalui keberadaan bank sampah. Selain itu tentunya harus ada dukungan dari masyarakat yang harus digerakkan dari tingkat RW.

“Masyarakat juga harus berperan aktif untuk mengatasi permasalahan sampah, mulai memilah sampah karena sampah bukan musibah tapi barokah yang dapat menghasilkan ekonomi,” tambahnya.

Imam juga berharap ke depannya kolaborasi baik dari masyarakat, pemerintah, dan kalangan swasta dapat lebih optimal. Dengan begitu, program bank sampah dapat bermanfaat untuk kebersihan lingkungan.

“Mari sama-sama kita jaga lingkungan dan dukung semua program bank sampah di Depok,” pungkasnya. (dha)