Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pihaknya telah menutup penerbangan dari dan menuju Wuhan, Tiongkok, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Kita memang minta petugas di bandara dan pelabuhan untuk melakukan kegiatan pemeriksaan yang lebih intensif tetapi harus disertai dengan sikap profesional, humble, dan sopan santun,” ujar Budi Karya saat dikonfirmasi, Selasa (28/1).

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan hingga berita ini diturunkan belum ada WNA atau WNI di Indonesia yang terjangkit virus yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Selain itu, pemerintah juga sudah menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh di 135 pintu masuk di Indonesia dan menunjuk sedikitnya 100 rumah sakit untuk bersiaga menangani penyebaran virus corona.

“Sebanyak 243 WNI di pusat kejadiannya, di Hubei, Wuhan, dalam kondisi sehat. Yang terpenting, cara mencegahnya adalah menjaga imunitas agar tetap tinggi,” ungkap Menkes.

“Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, pola hidup dijaga, makan tepat waktu nantinya kondisi tubuh akan baik. Sehingga tidak mudah terjangkit virus maupun penyakit,” katanya lagi menutup pembicaraan. (ant)