Stunting

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta bersama DPD Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) DKI menggelar talkshow bertajuk ‘Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas’ dalam puncak rangkaian kegiatan Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-62 tahun.

Talkshow yang digelar di Neo Soho Mall, Jalan S. Parman Grogol, Jakarta Barat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga agar makan dengan gizi seimbang untuk mencegah stunting dan obesitas.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, peringatan HGN ke-62 tahun merupakan momentum penting untuk menggalang kepedulian membangun bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

“Dari hasil survei Status Gizi Indonesia tahun 2021, masalah gizi di Jakarta mengalami penurunan prevalensi stunting dari 19,9 persen pada 2019 menjadi 16,8 persen. Sedangkan prevalensi wasting sebesar 7,1 persen,” ujarnya, Jumat (28/1).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes DKI Jakarta, Fify Mulyani menjelaskan, kolaborasi Pentahelix sangat berperan penting dalam memberikan edukasi dan penyampaian informasi yang benar untuk mencegah dan mengendalikan stunting. Selain pendampingan terhadap keluarga, Dinkes DKI Jakarta juga memiliki posyandu yang melakukan pemantauan gizi pada anak.

“Puskesmas juga memberikan konseling kepada ibu balita terkait permasalahan gizi pada anaknya,” katanya.

Menurut Fify, Dinkes DKI Jakarta ke depan akan menggencarkan kampanye melalui edukasi dan informasi pengetahuan terkait gizi yang baik kepada kaum ibu didukung lintas sektoral.

“Misalnya Dinas KPKP dan Dinas PPAPP bisa mendampingi keluarga yang memiliki balita,” tuturnya.

Ketua DPD Persagi DKI Jakarta, Sunarti Handayani mengungkapkan, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting, pihaknya berusaha mengkolaborasikan peran ahli gizi dengan sektor lain.

“Karena itu dalam peringatan HGN 2022 ini, kami adakan serangkaian acara yang sifatnya kampanye agar kita sama-sama peduli akan gizi dan mencegah stunting serta obesitas,” tandasnya. (hop)