Kastara.Id,Depok – Dalam membantu satuan tugas (satgas) dalam penanganan banjir dan longsor, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok berencana untuk menambah alat berat. Penambahan tersebut akan direalisasikan di tahun 2024.

“Rencana tahun depan (2024) kami akan menambah alat berat untuk menunjang kinerja satgas di lapangan. Jumlahnya InsyaAllah tiga unit,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Senin (27/2).

Masih kata Citra, alat berat yang dimaksud terdiri dari dump truck aero, excavator PC 75 dan mesin gilas 6-8 ton, masing-masing satu unit. Dump truck berfungsi untuk mengangkat material tanah maupun pasir sedangkan excavator berfungsi untuk pekerjaan galian, pengerukan sungai, perataan tanah dan lain sebagainya.

Citra menerangkan ,“Nantinya PUPR mempunyai mesin gilas yang  digunakan untuk finishing dari pemadatan. Seperti menggilas aspal agar menjadi rata. Untuk total anggaran yang kami siapkan sebesar Rp 20 miliar. Mudah-mudahan dapat terlaksanan sesuai rencana, mohon doanya”.

Sementara , Koordinator Satgas Lapangan, DPUPR Depok, Rahmat Syarifudin mengatakan, jika alat berat tersebut telah datang ke Depok, maka dapat membantu meringankan kerja satgas di lapangan. Mengingat, terdapat beberapa medan yang harus dijangkau menggunakan alat berat.

“Alat berat milik DPUPR semakin lengkap. Ini membantu tugas kami  dalam mengerjakannya di lapangan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, saat ini DPUPR Kota Depok memiliki 20 unit alat berat dalam kondisi baik. Dengan adanya rencana penambahan ini, maka ke depan alat berat yang dimiliki DPUPR menjadi 23 unit. Tutupnya.