Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana mengatakan, dengan melibatkan influencer dan jurnalis ternama dari Filipina dan memanfaatkan media sosial secara strategis, famtrip ini diharapkan dapat menarik minat calon wisatawan mancanegara khususnya dari Filipina untuk berkunjung dan meningkatkan visibilitas Jakarta sebagai tujuan perjalanan utama.

“Sehingga manfaat ekonomi dapat dirasakan oleh bisnis dan industri kreatif lokal,” ujar Sherly (27/2).

Ketua Sub Kelompok Pemasaran Luar Negeri Dinas Parekraf DKI Jakarta, Lucky Wulandari mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperluas pengetahuan tentang Jakarta dan Indonesia di tingkat internasional.

Diharapkan upaya ini dapat secara efektif mempromosikan Jakarta sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan mancanegara, khusunya dari Manila, Filipina.

“Kami mengajak para peserta dengan latar belakang sebagai influencer dan jurnalis Filipina yang memiliki pengaruh besar melalui media sosial dan media cetak untuk merasakan keindahan kota ini secara langsung,” kata Lucky.

Dia menjelaskan, Famtrip ini memiliki fokus khusus dalam melibatkan tokoh-tokoh influencervlogger, dan jurnalis berpengaruh dari negara Filipina untuk menyebarkan informasi positif tentang Jakarta di kancah global melalui media yang terbit di Filipina dan akun sosial media para peserta.

Selama famtrip, peserta diajak berkeliling ke beberapa landmark ikonik Jakarta seperti, Monumen Nasional, Kota Tua, Bundaran Hotel Indonesia, Halte Transjakarta Sky Deck dan Phinisi, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, serta terowongan silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Selain itu, mereka juga dapat menikmati kuliner dan hidangan autentik khas Indonesia di New Batavia Cafe dan Telaga Sampireun Menteng Jakarta.

Satu hal yang menarik, para peserta dihadirkan dalam kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Car Free Day di sepanjang Jalan Thamrin – Sudirman.

“Kondisi seperti ini dapat dijadikan sebuah pemberitaan yang fenomenal di media Filipina agar dapat dijadikan sebuah contoh yang dapat diadposi di kota Manila Filipina,” ucap Lucky.

Untuk diketahui, Program Famtrip bagi para travel writer/influencer/media Filipina 2024 melibatkan lima tokoh content creator dari Filipina yaitu, dua V/Blogger The Pinoy Traveler Marco Dennis P. Esplana dan Ailen V. Vedad dari The Daily Posh.

Kemudian tiga jurnalis media cetak terdiri dari Helen Grace B. Hernane dari LEAGUE Magazine, Angelo A. Sanchez dari Manila Bulletin, dan Carlito C. Tugas dari The Mannila Times. (hop)