Israel

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan pihaknya terus berkoordinasi untuk mendapatkan informasi lengkap, menyusul dua remaja Indonesia dikabarkan mendapat serangan berupa tamparan dan pukulan di stasiun kereta di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

“Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS,” kata Retno kepada wartawan (27/3).

Menlu mengatakan, Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) telah berkomunikasi langsung dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat Indonesia di AS. Sung Kim, kata Retno, menegaskan penegak hukum di AS terus mengusut kasus yang dialami masyarakat Indonesia.

“Kemarin Dirjen Amerop Kemlu juga telah lakukan pembicaraan langsung dengan Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kemlu AS, Ambassador Sung Kim, dan sampaikan concern serta mohon perhatian pelindungan dan keselamatan terhadap WNI di AS,” ujarnya.

“Sung Kim tegaskan penegak hukum di AS (baik federal maupun lokal) akan terus berusaha tangani kasus tersebut dan kasus lain serupa,” lanjut Retno. (har)