Awan di Bali

Kastara.ID, Jakarta – Warganet, khususnya yang berada di Bali, dihebohkan dengan sebuah video yang sempat menjadi viral. Pasalnya video tersebut menampilkan fenomena alam unik, yakni sebuah penampakan awan berbentuk mirip kapal selam. Penampakan tersebut terlihat di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Kota Denpasar, Bali.

Warganet pun langsung mengaitkan fenomena alam itu dengan peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali utara. Arik Andrawan yang mengambil video tersebut menjelaskan, penamakan awan tersebut terjadi pada Ahad (25/4) sekitar pukul 05.00 WITA. Melihat bentuk awan unik tersebut Arik langsung merekam dan mengunggah di akun Instagram pribadinya.

Saat memberikan keterangan (27/4), Arik menjelaskan, sejatinya ia dan temannya datang ke Pantai Matahari Terbit untuk menikmati suasana matahari terbit atau sunrise. Saat merekam matahari yang baru muncul itulah, menurut Arik, awan berbentuk mirip kapal selam itu muncul dan tidak sengaja terekam dalam video di ponselnya.

Saat itu Arik tidak ingin berspekulasi lebih jauh terhadap bentuk awan yang mirip kapal selam itu. Apalagi mengaitkannya dengan KRI Nanggala 402.

Video menjadi menarik lantaran di lokasi yang tidak jauh dari tempat penampakan awan tersebut telah terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam di kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut.

Pada Ahad (25/4) lalu atau hari yang sama dengan penampakan awan itu, pukul 17.00 WIB, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan kapal selam KRI Nanggala 402 ditemukan tenggelam di perairan Bali. Hadi menyatakan 53 awak KRI Nanggala 402 dinyatakan telah gugur.

Hingga kini, tim SAR masih terus berusaha melakukan evakuasi. Rencananya, jenazah awak KRI Nanggala 402 akan dievakuasi ke Surabaya, Jawa Timur. (ant)