Lomba 3R

Kastara.ID, Depok – Setelah melalui seleksi tahap I dan II serta menyisakan tiga Kelompok Bank Sampah, kemarin (27/4), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengumumkan pemenang Lomba 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Pengumuman dilaksanakan bertepatan dengan acara puncak Hari Jadi ke-23 Kota Depok.

“Tahapan penilaian sudah kita laksanakan. Alhamdulillah saatnya pengumuman pemenang dan kami menyerahkan piala serta piagam penghargaan,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Kamis (28/4).

Dikatakannya, ada beberapa kriteria yang dinilai dalam perlombaan ini, antara lain kreativitas presentasi, administrasi, kekompakan/solidaritas, inovasi produk (kegunaan dan estetika) dan inovasi pengembangan bank sampah. Ety juga menjelaskan, seluruh peserta memiliki program dan kegiatan yang mumpuni, serta mampu menjadi penggerak lingkungan.

“Kepada seluruh bank sampah yang ada di Kota Depok, khususnya peserta lomba dan pemenang, mudah-mudahan bisa menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan di bank sampah harus terus berjalan dan ditingkatkan. Pelaksanaan lomba merupakan bentuk pembinaan dan pemberian motivasi,” ucapnya.

Adapun untuk pemenang lomba antara lain juara I diraih Bank Sampah Bougenville Ceria dari Kecamatan Bojongsari, Juara II Bank Sampah Delima RW 13, Kecamatan Beji, dan Juara III Bank Sampah Mentari 2, Kecamatan Cimanggis.

“Hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai. Mudah-mudah bermanfaat,” tutupnya. (dha)