Heru menyampaikan, problem saat ini tidak jarang peserta didik yang pintar dan cerdas namun memiliki naluri yang kurang tepat sehingga membuat ketidaknyamanan.

“Teknologi berkembang dengan pesat tetapi saya titip pesan pada guru yaitu jangan lupa budi pekerti. Budi pekerti harus ditanamkan di setiap siswa,” ujar Heru saat menghadiri Festival Pendidikan Astra 2023, Kick Off AGEN SI 2023 dan Awarding LINKAR (Lomba Inovasi Karya Guru) 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Ahad (28/5).

Heru juga berpesan kepada para peserta didik di Jakarta agar mengejar prestasi. Terlebih, Pemprov DKI Jakarta berupaya meningkatkan mutu pendidikan masyarakat melalui program bantuan keuangan antara lain Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

“KJMU per semester itu diberikan Rp 9 juta. Per tahun ini jumlah siswa yang akan mendapatkan KJMU kurang lebih 15 ribu, itu siswa yang akan menjadi mahasiswa. Dari PAUD TK sampai seterusnya jika dia tidak memiliki kemampuan, Pemprov DKI akan fasilitasi. Proses pembelajaran dari SD-SMA kami berikan KJP. Jadi tidak alasan adik-adik di Jakarta untuk tidak berprestasi,” urai Heru.

Heru menambahkan, Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Menurut Heru, 2045 adalah sebuah tonggak sejarah bagi kita untuk negara ini bisa masuk ke posisi yang lebih baik, menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya. Dia menambahkan, generasi yang akan mewujudkan Indonesia Emas adalah generasi muda.

“2045 waktu yang tidak lama, jadi kalau adik-adik di sini umur 17-18 nanti umur 30-35 menjadi tampuk pimpinan di segala bidang. Ini dimulai harus dari sekarang. Kami dari Pemprov dan Pemerintah Pusat juga bersinergi untuk bersama-sama menyongsong itu. Jika tidak ini adalah lost generation. Tapi kita harus optimistis bahwa Indonesia bisa,” kata Heru.

Untuk diketahui, selain menghadiri Festival Pendidikan Astra 2023, Kick Off AGEN SI 2023 dan Awarding LINKAR (Lomba Inovasi Karya Guru) 2023 Heru juga menyaksikan Pameran Edukasi Project Based Learning dan Teaching Factory SMK Binaan Astra.

“Dengan tema Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan, Keberagamaan dan Kesetaraan dapat dilanjutkan dan ditiru oleh swasta lainnya. Semoga Festival Pendidikan Astra 2023 tetap berlanjut sampai seterusnya,” tandas Heru. (hop)