Manokwari

Kastara.ID, Timika – Panglima TNI, Kapolri, dan Menkopolhukam menggelar kunjungan silaturahmi ke Manokwari, Papua (27/8) dan Rabu (28/8) ke Timika.

Kunjungan ini ditujukan sebagai bentuk silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Manokwari pasca terjadinya kerusuhan yang diakibatkan persoalan SARA dan diskriminasi.

Wiranto menjelaskan bahwa pertemuan ini bukan bentuk pengawasan pasca kerusuhan, melainkan bentuk silaturahmi dan saling bersalaman satu sama lain.

Wiranto menambahkan, dirinya sangat menyesal atas insiden yang telah terjadi dan juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar selalu menjaga persaudaraan kepada seluruh kepala daerah dan rakyat Papua dan Papua Barat. Sebab sebelum bertolak ke Papua, Wiranto terlebih dahulu bertemu Presiden.

Sementara Tito Karnavian menyampaikan agar mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di luar daerah agar bisa saling menghargai dan menghormati budaya setempat.

Ketiganya sepakat menyampaikan untuk menjaga persatuan dan persaudaraan. Sebab di negara ini semua saudara dan tanpa persatuan itu maka cita-cita Indonesia tidak akan tercapai. (rya)