Program Kampung Iklim (Proklim)

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia telah memberikan penghargaan kepada RW 02 Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara atas prakarsa dalam Program Kampung Iklim (Proklim).

Berbagai upaya kepedulian terhadap lingkungan dilakukan secara kolaboratif oleh masyarakat setempat dengan pembinaan atau pendampingan daru organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Ketua RW 02, Kelurahan Papanggo, Muhammad Amalludin mengatakan, warga secara aktif melakukan penghijauan di setiap gang atau jalan lingkungan dari RT 01 hingga RT 15. Selain itu, budidaya tanaman juga dilakukan di Taman Hatinya PKK.

“Kami juga terus menggencarkan pertanian perkotaan atauĀ urban farmingĀ yang banyak memberikan manfaat. Tidak hanya lingkungan menjadi asri, tapi juga bisa mewujudkan ketahanan pangan dan pemenuhan pangan bergizi bagi keluarga,” ujarnya, Kamis (28/10).

Amalludin menjelaskan, upaya mengatasi persoalan sampah juga dilakukan melalui pemilahan sejak dini agar memudahkan dalam implementasi reduce, reuse dan recycle.

“Kami lakukan pengelolaan dan pengolahan sampah. Keberadaan bank sampah ini juga bisa memberikan penghasilan tambahan bagi warga,” terangnya.

Ia menambahkan, sebagai salah satu lokasi rawan genangan dan banjir, warga menyadari betul upaya menjaga kebersihan saluran. Berbagai upaya secara swadaya maupun dibantu OPD terkait dilakukan. Sehingga, wilayah RW 02, Kelurahan Papanggo saat ini menjadi relatif bebeas banjir.

“Selain kerja bakti pengerukan saluran juga dilakukan pembuatan lubang biopori agar air hujan dapat cepat terserap tanah, tidak sekadar mengalir ke saluran. Air tanah ini sangat penting untuk kita, terutama saat musim kemarau,” ungkapnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Achmad Hariadi mengapresiasi, kekompakan warga di RW 02, Kelurahan Papanggo yang telah meraih penghargaan Proklim atas aksi adaptasi dan mitigasi penanggulangan banjir serta pemilahan sampah yang ada di wilayahnya.

“Penghargaan ini bentuk apresiasi nyata agar masyarakat berkontribusi terhadap lingkungannya. Semoga RW 02, Kelurahan Papanggo menjadi contoh bagi RW lainnya untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” tandasnya. (hop)