Israel

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan, total WNI yang positif virus Corona (Covid-19) di luar negeri mencapai 2.035 kasus.

“Total WNI terkonfirmasi di luar negeri adalah 2.035: 1.398 sembuh, 159 meninggal, dan 478 dalam perawatan,” tulis Kemlu melalui akun resmi Twitter-nya, @Kemlu_RI, Sabtu (28/11).

Menurut Kemlu, tambahan kasus positif terjadi di Korea Selatan sebanyak dua orang, Meksiko satu orang, Australia satu orang, Pakistan satu orang, Oman 16 orang, dan Spanyol 11 orang.

Selain itu, ada tambahan satu kasus WNI di Korea Selatan yang sembuh dari Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa solidaritas antarnegara di dunia, terutama terkait akses terhadap vaksin Covid-19 penting bukan hanya untuk kepentingan kemanusiaan, tapi juga ekonomi global.

“Saya juga teringat akan pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada September 2020. Terkait vaksin, Dr Tedros mengatakan ‘prioritas utama adalah untuk memberikan vaksin bagi beberapa orang di semua negara, bukan semua orang di beberapa negara’, ini bukan hanya kepentingan moral dan kesehatan masyarakat. Ini juga kepentingan ekonomi,” ujarnya.

Menlu menambahkan, jika masyarakat di negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah tidak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat vaksin, maka virus akan terus membunuh dan pemulihan ekonomi global akan terhambat. (ant)