Kastara.ID, Ricardo Tormo — MotoGP musim 2023 telah berakhir dengan pembalap Italia, Francesco Bagnaia keluar sebagai juara dunia.

Pembalap Spanyol, Jorge Martin, berada di posisi runner-up, dengan pembalap Italia lainnya, Marco Bezzecchi menjadi juara ketiga di klasemen akhir.

Uniknya, ketiga pembalap sama-sama menggunakan motor Ducati, menegaskan betapa unggulnya Desmosedici musim ini.

Di kelas Moto3 dan Moto2 gelar diraih oleh pembalap Spanyol, Jaume Masia di kelas terbawah dan Pedro Acosta di kelas menengah.

Setelah musim berakhir, pembalap akan menghadapi libur panjang sampai awal Februari nanti.

Tapi sebelum benar-benar pulang ke rumah masing-masing, untuk kelas MotoGP ada jadwal tes resmi satu hari di Valencia. Tes ini menjadi tes pertama dengan motor 2024 untuk semua pembalap, termasuk yang berpindah tim.

Dalam tes kali ini bisa disaksikan Marc Marquez pertama kali mengendarai Ducati, Alex Rins dengan Yamaha.

Ada juga Luca Marini dengan Honda, Johann Zarco juga dengan Honda, Franco Morbidelli akan menggunakan Ducati, dan Fabio Di Giannantonio beralih ke Ducati VR46. Tak kalah menarik tentu saja satu-satunya rookie, Acosta bersama GASGAS Tech3.

Sama seperti tahun ini, tahun depan MotoGP hanya kedatangan satu pembalap pemula dan ini menandakan ketatnya perebutan kursi di kelas utama.

Jadwal Tes Pramusim MotoGP 2024 di Ricardo Tormo, Valencia 2023:

Tes Selasa, 28 November 2023
MotoGP: 16:00-23:00.

Tes hanya akan berlangsung selama satu hari penuh pada Selasa (28/11) awal pekan ini.

Pengujian motor baru masing-masing pembalap akan dimulai pukul 16:00 hingga 23:00 waktu Indonesia bagian Barat atau GMT +7. (tra)