Komisi A

Kastara.ID, Jakarta – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta meninjau kondisi sarana dan prasarana (sarpras) di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI.

Pada peninjauan itu, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mengatakan, penyerapan anggaran Dinas Gulkarmat dan BPBD DKI pada 2019 lalu terbilang sangat memuaskan. Karena itu, pihaknya mendorong kedua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini tetap konsisten dalam bekerja dan mencapai target penyerapan anggaran yang ditetapkan.

“Harapan ke depannya harus lebih baik lagi dan bisa dipertahankan prestasi ini,” ujarnya, Rabu (29/1).

Sementara Kepala BPBD DKI Jakarta Subejo menuturkan, selama ini pihaknya telah memiliki beberapa peralatan penanggulangan bencana seperti satu mobil rescue, tiga mobil operasional pengangkut personel, satu mobil komando, satu truk, 20 perahu karet, 60 pelampung, satu tenda komando, sembilan unit tenda pleton, 18 tenda keluarga hingga 11 genset.

Alat-alat tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan membantu warga Ibukota apabila mengalami bencana. Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi antar SKPD agar lebih baik ke depannya.

“BPBD berada di bawah koordinasi kemitraan Komisi A. Kita akan koordinasikan ke semua stakeholder yang ada agar penanggulangan bencana dapat cepat teratasi,” tandasnya. (hop)