Direktur Kepatuhan Bank DKI, Ateng Rivai yang hadir menerima penghargaan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diberikan kepada Bank DKI.

“Apresiasi ini menjadi wujud komitmen kami dalam mengintegrasikan faktor lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (ESG) ke dalam keputusan keuangan, termasuk di dalamnya peningkatan transparansi dalam laporan keuangan,” ujar Ateng, Kamis (29/2).

Dalam kesempatan berbeda, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, dalam kaitannya dengan penerapan ESG, Bank DKI memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mendukung visi keberlanjutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

”Bank DKI tidak hanya berperan sebagai entitas bisnis semata, namun juga mengemban tanggung jawab dalam pelayanan publik dengan terus mengimplementasikan Program Keuangan Berkelanjutan dengan menghadirkan inovasi produk dan layanan yang mendukung terhadap lingkungan, ekonomi, sosial dan masyarakat,” kata Amirul.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan, keberhasilan Bank DKI dalam raihan penghargaan menunjukkan komitmen terhadap prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) salah satunya dilakukan melalui program CSR unggulan yakni Jakarta Koperasi Hidroponik (JAKONIK).

“JAKONIK diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi komunitas sekitar dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memberdayakan perekonomian lokal. Keberhasilan JAKONIK terbukti mampu membantu mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh,” kata Arie.

Sebagai informasi, keberhasilan Bank DKI dalam meraih penghargaan ESG Reconized Commitment tersebut didasarkan pada sejumlah indikator penilaian, yakni berdasarkan dekomposisi risiko ESG dan skoring ESG report yang dilakukan oleh Litbang Investor Daily dengan dewan juri independen dan ahli di bidang ESG.

Pengukuran apresiasi mengacu pada nilai yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023 yang memiliki risiko rendah, produk perusahaan yang sesuai dengan prinsip ESG, kegiatan sosial masyarakat yang dilakukan perusahaan serta sertifikasi yang dimiliki perusahaan terkait bidang ESG. (hop)