Drone

Kastara.ID, Jakarta – Permukiman warga di wilayah RW 07, Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Ahad (29/3), disemprot cairan disinfektan untuk memutus penyebaran COVID-19.

Penyemprotan yang dilakukan petugas kesehatan, personil Gulkarmat bersama dengan anggota TNI AU dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) ini, menggunakan drone tipe DJI Agras T-16 dengan kapasitas 16 liter cairan disinfektan.

Ketua RW 07 Kelurahan Pondok Kelapa Hasbulloh menuturkan, penyemprotan disinfektan dengan menggunakan drone ini sangat bagus karena dapat menjangkau seluruh area rumah warga.

Menurut dia, selama ini pihaknya bersama pengurus RT dan warga rutin melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

“Selain penyemprotan disinfektan, kami juga aktif informasikan ke warga untuk selalu menjaga kebersihan dan tetap diam di rumah,” ucapnya.

Sementara James, salah satu anggota TNI AU yang membantu proses penyemprotan ini mengungkapkan, drone yang mereka gunakan biasa dipakai untuk keperluan pertanian, dengan jarak tempuh 300 meter per 13 menit.

“Cairan disfektan yang kami gunakan sudah sesuai dengan standar kesehatan dunia. Kami berharap kegiatan pagi ini bisa efektif melawan covid-19,” tandas James. (hop)