MotoGP Qatar 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Doha – Pembalap Spanyol Maverick Vinales dikenal selalu unggul di tes Pra-musim dan Latihan Bebas. Namun memasuki musim 2021 ini sedikit berbeda dengan membalikkan keadaan.

Vinales justru tak terlalu bersinar di tes dan latihan, namun tiba-tiba dengan mengejutkan menunjukkan kecepatan Yamaha yang sangat gila di hari balapan, Ahad (28/3) di seri pembuka di Losail, Qatar.

Bahkan Vinales menang dengan keunggulan lebih dari satu detik dari dua Ducati, di lintasan lurus. Yamaha juga tidak terlalu kalah seperti sebelumnya.

Begitu jagoan Monster Energy Yamaha itu bisa melepaskan diri, ia semakin melesat semakin tak terkejar hingga garis finis.

“Start tidak berjalan dengan baik. Saya mengalami wheelie (ban depan terangkat) yang kuat, jadi saya harus terus berkembang,” ungkap Vinales yang start dari posisi ketiga, seperti diwartakan Speedweek.

“Tapi saya memaksakan diri untuk beristirahat (tidak menyerang dulu) dan mengamankan ban. Saya sudah berusaha keras untuk berkendara dengan cerdas dan mendorong di tempat yang tepat. Segera setelah saya unggul atas para pengejar, saya bisa mengendalikan keausan ban dengan baik. Itu adalah akhir pekan yang sempurna, hanya itu yang bisa saya katakan.

Terima kasih saya untuk tim dan anggota keluarga terdekat saya. Anda tahu istri saya sedang mengandung. Semua ini luar biasa! Saya sangat berterima kasih atas semua yang terjadi saat ini,” papar Vinales senang.

Sebagai informasi, Vinales baru melangsungkan pernikahan beberapa waktu yang lalu dan kemenangan di Qatar menjadi kado indah pernikahannya.

Kembali ke strategi balap, Vinales telah menyiapkannya dengan sangat baik, bahkan ia sudah merencanakan sebelumnya di titik mana harus melewati pembalap lain.

“Sejauh ini saya selalu percaya bahwa menyalip melawan Ducati di trek ini (Losail) akan sulit. Tapi kemarin saya punya feeling untuk pertama kalinya bahwa kami bisa mengambil posisi dalam balapan – dan hari ini kami membuktikannya. Secara keseluruhan, saya merasa luar biasa sekarang. Seluruh tim melakukan pekerjaan dengan baik,” tandasnya.

Salah satu kunci keberhasilannya hari ini adalah motor yang sudah kembali dengan powernya seperti dulu.

“Potensi yang dimiliki Yamaha di masa lalu telah kembali. Itu sangat memuaskan. Saya tidak tahu apakah itu faktor kondisi atau lintasan. Tapi power motor kita sudah ada lagi, saya senang banget. Kecepatan menikung, belokan – semuanya pas. Sekarang kami bisa bertahan melawan Ducati, Suzuki, dan pabrikan lainnya. Kami semua telah menunggu lama untuk ini,” ungkapnya senang.

Kemenangan Vinales tentu saja terus dinantikan saat menghadapi seri kedua di lokasi yang sama akhir pekan ini. (tra)