Mudik

Kastara.ID, Depok – Petugas Satuan Lalu Lintas Polresta Depok yang berjaga di Pos Check Point atau Pos Pam Ketupat Jaya 2020 Jalan Raya Bogor, berhasil menghalau kendaraan yang hendak mudik. Satu persatu kendaraan yang melintas di Jalan Raya Bogor diperiksa oleh petugas yang berada di Pos Pam Operasi Ketupat, Rabu (29/4).

“Penyekatan kendaraan dilakukan sebagai langkah mengantisipasi pemudik yang menuju Jawa Barat melalui jalur Puncak dan Sukabumi. Petugas juga melakukan pemeriksaan barang bawaan pengendara bermotor yang melintas,” ujar Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Sutomo.

Kompol Sutomo mengatakan, ada dua titik penyekatan di Kota Depok. Di antaranya depan Terminal Jatijajar dan di Jalan Raya Citayam. Sedangkan untuk menghalau mereka yang nekat lewat jalur tikus, polisi telah menyiapkan pasukan patroli dari masing-masing Polsek.

Kepala Pos Penanganan Operasi Ketupat Jaya 2020 di depan Terminal Jatijajar, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rasman menuturkan, Operasi Ketupat Jaya ini sudah berlangsung lima hari, terhitung mulai 24 April sampai 29 April.

AKP Rasman mengatakan, dalam operasi penyekatan pemudik, dari Depok yang akan ke Bandung atau daerah lainnya sudah ada puluhan kendaraan yang berhasil dihalau dan diminta untuk putar balik atau kembali ke rumah.

“Berdasarkan catatan kami sudah ada delapan bus yang diputar balik, demikian juga untuk mobil pribadi ada 21 kendaraan dan sepeda motor ada 48 unit yang putar balik karena akan pulang kampung,” jelasnya.

AKP Rasman mengatakan, rata-rata mereka hendak mudik berangkat pada sore hari. “Makanya kita tetap laksanakan penyekatan mudik agar mereka tidak mudik dulu guna mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya. (*)