Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris membagikan 20 Alquran ke Rumah Yatim Harapan Kampung Banjaran Pucung, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos. Selain memberikan Alquran, juga diberikan bantuan uang tunai yang dapat digunakan untuk kepentingan pengembangan rumah yatim tersebut.

Menurut Mohammad Idris, bulan Ramadan merupakan bulan solidaritas dan berbagi atau Syahrul Muwasah. Syahrul Muwasah sendiri berarti bulan memberikan pertolongan kepada yang berhajat.

“Ini kegiatan rutin setiap bulan Ramadan memberikan bantuan ke berapa panti. Namun, bukan program khusus, hanya tabarrukan saja,” tuturnya usai kegiatan, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (28/4).

Dikatakannya, berbagi juga dapat menjadi tabarruk atau sebuah tindakan mencari harakah atau kebaikan Tuhan melalui pengaruh orang-orang yang dipandang suci. Seperti nabi, wali, kiai, dan sebagainya, termasuk juga anak-anak yatim yang dengan perantaraannya diakui dapat mendatangkan kebaikan.

Tak hanya memberikan bantuan ke Rumah Yatim Harapan, Mohammad Idris juga menyempatkan berkunjung ke rumah salah satu tokoh agama di wilayah Cilangkap. Yaitu Ustadzah Muniroh ‘Arief yang merupakan istri dari Almarhum Abuya KH. Abdullah Ya’cub, pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam, Kelurahan Cilangkap.

Dikatakan Mohammad Idris, dahulu Cilangkap merupakan wilayah rawan, namun semenjak ponpes ini berdiri, stigma tersebut perlahan dapat menghilang. Artinya Ponpes ini memiliki peran besar dalam menjaga kondusivitas di wilayah Cilangkap.

“Saya menganjurkan yang masih punya orang tua untuk bersilaturahim, bagi yang tidak ada ziarah kubur dan doakan. Ini di akhir-akhir Ramadan insya Allah doa kita diijabah,” pungkasnya. (dha)