Kastara.ID, Jakarta – Ratusan peserta Jambore Siswa Pecinta Alam (Sispala) Tahun 2023 disosialisasi dan diedukasi terkait kebencanaan.

Materi diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Kepala Satgas BPBD Jakarta Utara, Aries Trisna Putra mengatakan, materi yang diberikan kepada peserta Jambore Sispala yakni upaya perlindungan dan evaluasi diri saat terjadi bencana.

“Kita ketahui bersama, Jakarta juga masih rawan kebencanaan seperti kebakaran, banjir hingga gempa bumi. Untuk itu sangat penting bagi peserta Jambore Sispala teredukasi terkait kebencanaan,” ujarnya, Sabtu (29/7).

Aries menjelaskan, melalui pengetahuan dan wawasan yang didapat, mereka diharapkan bisa lebih tahu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan saat terjadi bencana.

“Kami di BPBD juga ada program Sekolah Aman Bencana. Melalui program yang akan menjangkau semua sekolah di Jakarta ini kita ingin para pelajar bisa sigap dan tanggap saat terjadi bencana,” terangnya.

Ketua Forum Alumni Siswa Pecinta Alam (Fasta) SMA/SMK DKI Jakarta, Adjie Rimbawan menuturkan, materi terkait kebencanaan memang menjadi prioritas untuk diberikan kepada peserta Jambore.

“Kita hadirkan narasumber berkompeten dari BPBD untuk memberikan pemahaman dan edukasi terkait kebencanaan. Sebab, alam ini erat kaitannya juga dengan bencana,” ungkapnya.

Ia berharap, bekal pengetahuan dan wawasan yang didapat para peserta Jambore dapat dibagikan kepada pelajar lainnya di lingkungan sekolah maupun keluarga atau warga lainnya di lingkungan rumah.

“Melalui respons yang tepat saat terjadi bencana tentu diharapkan dapat mencegah adanya korban luka dan jiwa,” bebernya.

Sementara pelajar Kelas XI, SMK Josua, Jakarta Barat yang menjadi salah seorang peserta Jambore Sispala 2023, Morentia mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Senang, saya bisa dapat pengetahuan dan wawasan yang sangat berguna. Ikut Jambore ini saya juga dapat teman baru sesama pecinta alam dari sekolah lain di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Jambore Sispala 2023 yang diikuti 261 pelajar ini berlangsung 28-30 Juli 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Membangun Karakter Bersama Alam”.

Rencananya, kegiatan besok akan ditutup dengan penanaman Mangrove bersama Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim dan Senator DPD RI, Dailami Firdaus. (hop)