Kastara.ID, Jakarta – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) DKI Jakarta Tahun 2023. UNJ menyabet 119 medali dengan rincian, 45 emas, 47 perak dan 27 perunggu.

Peringkat kedua perolehan medali ditempati oleh Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas dengan total 19 medali. Sementara Universitas Gunadarma menempati peringkat ketiga dengan total 24 medali.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, Pomprov DKI Jakarta Tahun 2023 merupakan ajang pembinaan dan pembibitan untuk meningkatkan kemampuan para atlet dalam peningkatan prestasi, serta persiapan menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Tahun 2023 di Kalimantan Selatan.

Dia menyampaikan, kejuaraan ini merupakan suatu rangkaian dalam rangka memajukan dan menciptakan bibit-bibit atlet yang berprestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional demi kejayaan Indonesia.

“POMNAS XVIII akan diadakan November 2023. Ini merupakan salah satu upaya kita untuk mempersiapkan atlet-atlet dengan melakukan pembinaan, mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai dengan Pelatda,” ujar Andri saat penutupan Pomprov DKI Jakarta Tahun 2023 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jumat (28/7) malam.

Selain mengucapkan selamat kepada para atlet yang juara, Andri meminta kerja keras dan semangat para pemenang tidak kendur. Menurutnya, prestasi yang peserta raih berkat kerja keras mereka selama berlatih.

Meski demikian, para pemenang juga diharapkan tidak cepat puas dengan hasil telah mereka capai, namun menjadikan momen ini sebagai pelecut semangat untuk terus berprestasi di event lainnya.

“Kita ada pembinaan prestasi olahraga berkelanjutan seperti di Pusat Pembinaan Latihan Mahasiswa (PPLM). Kita terus bekerjasama dengan universitas maupun perguruan tinggi yang memang berpartisipasi di Pomprov tahun 2023. Saya optimistis juara umum akan kita pertahankan 18 kali berturut-turut,” kata Andri.

Andri berharap peserta yang belum beruntung dapat meningkatkan lagi semangat dan perjuangannya pada Pomprov berikutnya.

“Usia yang masih muda dan panjang perjalanannya, jangan cepat menyerah,” ucap Andri.

Untuk diketahui, Pomprov DKI Jakarta Tahun 2023 diikuti oleh 1.382 peserta dari 63 perguruan tinggi. Ribuan peserta mengikuti 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

“Antusiasmenya sangat positif, dari keikutsertaan perguruan tinggi, atlet, bahkan cabor yang dipertandingkan makin meningkat tahun ke tahun. Ini menunjukan pembinaan, pembibitan dan pengkaderan atlet sudah mendapatkan antusias dari perguruan tinggi yang ada di DKI Jakarta,” ungkap Andri.

Sementara Wakil Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) DKI Jakarta, Herinto mengapresiasi Dispora DKI Jakarta yang suskes menyelenggarakan Pomprov DKI Jakarta Tahun 2023 untuk menjaring dan melahirkan atlet-atlet berprestasi dari Jakarta.

“Semoga ini sebagai momentum untuk meningkatkan prestasi ke depannya dan Pomnas 2023 di Kalimantan Selatan. Skill-nya ada peningkatan, karena ini kompetisi antar perguruan tinggi, pasti ada gengsi di situ dan mereka sudah mempersiapkan diri dengan baik,” tandasnya. (hop)