Jumantik

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Harjamukti memaksimalkan peran kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di setiap rumah. Yaitu dengan memantau jentik di tempat yang dapat menampung air demi mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala UPTD Puskesmas Harjamukti Eni Ernawati mengatakan, setiap rumah harus menggencarkan satu rumah satu kader jumantik. Perannya untuk memantau temuan jentik nyamuk aedes aegypti di lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Peran kader jumantik di setiap rumah terus dimaksimalkan untuk memantau perkembangan jentik nyamuk di tempat yang kerap tergenang air,” tuturnya seperti dimuat situs resi Pemkot Depok (28/9).

Menurut Eni, tim kesehatan lingkungan (kesling) Puskesmas Harjamukti akan melakukan pemantauan langsung ke tempat tinggal yang teridentifikasi jentik nyamuk. Pemantauan dilakukan berdasarkan hasil laporan kader jumantik setiap minggunya.

Selain melakukan pemantauan, lanjut dia, kader jumantik juga memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Salah satunya dengan menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan menutup, mengubur, dan menguras, serta menaburkan bubuk abate.

“Ayo bersama-sama menjaga kebersihan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. Semua itu agar kita terbebas dari DBD,” pungkasnya. (dha)