Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Krukut menggelar pelatihan Kader Kesehatan Masyarakat untuk mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Peserta pelatihan merupakan perwakilan dari setiap RT-RW, kader Posyandu maupun Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di wilayah tersebut.

Lurah Krukut Tajuddin mengatakan, kegiatan pelatihan yang digelar pihak kelurahan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua peserta wajib bermasker dan menjaga jarak.

“Karena masih pandemi Covid-19, peserta kami batasi maksimal 50 persen dari kapasitas aula, pelatihan juga dibagi menjadi dua sesi, pagi dan siang hari selama tiga hari mulai 27-29 September 2021,” ucapnya usai kegiatan di Kantor Kelurahan Krukut, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Rabu (29/9).

Dikatakannya, pelatihan ini sangat penting dalam upaya mengedukasi masyarakat agar selalu hidup sehat. Para peserta didorong agar dapat mengembangkan program kesehatan di lingkungannya.

“Mereka ikut membantu dalam mensosialisaikan program pemerintah. Misalnya menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dan menjalani Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS),” jelasnya.

Dia pun berharap peserta pelatihan dapat mensosialisasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat di lingkungannya. Dengan demikian, pencegahan berbagai penyakit dapat dilakukan, termasuk juga mengantisipasi Covid-19.

“Harapan kami semua masyarakat di Krukut sehat, baik ibu hamil, balita maupun lansianya,” tutupnya. (dha)