Pangeran Muhammad bin Salman

Kastara.ID, Jakarta – Rencana putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman membeli klub sepak bola Inggris Manchester United (MU) tampaknya segera menjadi nyata. Sejumlah pejabat MU dilaporkan bertolak ke Arab Saudi pada Ahad (27/10) lalu. Kuat dugaan kepergian pejabat MU tersebut terkait dengan rencana akuisisi saham MU oleh Pangeran Muhammad dari keluarga Glazers.

Para pejabat MU dikabarkan akan menghadiri Prakarsa Investasi Masa Depan yang diadakan oleh keluarga kerajaan Arab Saudi pada bulan ini. Rumor ini semakin menguatkan kemungkinan akuisisi bakal terjadi dalam waktu tidak lama lagi.

Dikutip dari laman Express yang terbit di Inggris, niat keluarga kerajaan Arab Saudi menguasai Setan Merah sangat besar. Terlebih para suporter sudah lama tidak menyukai keluarga Glazers yang mengambil alih MU sejak 2005. Pasalnya Glazers dianggap terlalu pelit dalam urusan transfer pemain yang berunjung merosotnya performa dan prestasi MU.

Bursa Efek New York atau New York Stock Exchange (NYSE) memperkirakan akuisisi ini akan bernilai dua miliar pound atau setara dengan Rp 36 triliun. Harga tersebut tentu tidak masalah bagi keluarga kerajaan Arab Saudi yang memiliki kekayaan mencapai satu miliar pound atau Rp 18.000 triliun.

Jika terwujud, akuisisi ini menjadi yang kedua kalinya dilakukan keluarga kerajaan Timur Tengah atas klub elite Eropa. Sebelumnya pada 2012, keluarga kerajaan Qatar sudah lebih dulu membeli Paris Saint Germain seharga 100 juta pound atau Rp 180 miliar. (lan)