Provinsi Baru

Kastara.ID, Jayapura – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan satu dari provinsi baru di Papua akan dinamai Papua Selatan.

Tito menjelaskan bahwa dirinya sudah bertemu dengan Bupati Merauke Frederikus Gebze saat berkunjung ke Papua untuk membahas mengenai pemekaran baru untuk Papua Selatan.

Lebih lanjut, Tito menjelaskan Papua Selatan bakal mencakup sebagian daerah Provinsi Papua, yaitu Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Merauke.

Kemungkinan akan ada pemekaran daerah tingkat kota untuk memenuhi syarat administratif lima daerah tingkat kabupaten/kota untuk pemekaran provinsi. Untuk itu Merauke akan dibagi menjadi dua, yaitu Kabupaten Merauke dan Kota Merauke.

Mantan Kapolri juga memastikan pemekaran dua Provinsi Papua tak terhambat moratorium yang diterapkan Jokowi sejak 2014.

Diketahui pemerintah pusat memastikan pemekaran dua provinsi di bumi Papua sebagai respons atas aspirasi tokoh-tokoh Papua setelah serangkaian konflik di dua provinsi paling timur Indonesia.

Mendagri sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengatakan pemekaran provinsi di Papua jadi kasus spesial. Pasalnya ada 314 daerah yang sudah antre untuk pemekaran, seperti Provinsi Sumbawa, Provinsi Kepulauan Buton, pemecahan Barito Utara dan Barito Selatan Provinsi Nias, Provinsi Tapanuli, Provinsi Bogor, Provinsi Nias, dan Provinsi Cirebon. (yan)