Kastara.ID, Buriram — Tim pabrikan Respol Honda telah mengonfirmasi bahwa pembalap Spanyol, Marc Marquez, telah dizinkan untuk mengendarai motor Ducati di Valencia mendatang.

Marquez akan pindah ke Gresini Racing mulai 2024, namun semua pembalap akan mulai mencoba motor baru mereka di tes Valencia mendatang.

Dalam beberapa kasus pembalap dilarang mencoba motor lain ketika pindah ke tim rival, karena biasanya kontrak baru akan berakhir pada 31 Desember nantinya.

Namun bos tim Repsol Honda, Alberto Puig sudah memastikan bahwa mereka akan memberikan izin kepada Marquez untuk menjajal Desmosedici di tim Gresini.

“Ya, biasanya ya. Ini sangat penting bagi semua pembalap ketika mereka berganti tim, jadi kami memahaminya,” ungkap Puig kepada reporter pitlane motogp.com, Jack Appleyard.

“Ini adalah sesuatu yang terjadi dan prosesnya harus tetap berjalan seperti biasanya, sehingga tidak akan ada keberatan dari pihak Honda,” imbuh Puig.

Artinya kita akan menyaksikan Marquez mengendarai Ducati untuk pertama kalinya nanti di Valencia pada tanggal 28 November, sehari setelah balapan final musim 2023 ini.

Mendengar berita ini, tim Gresini sangat senang dan tak sabar menanti kedatangan Marquez ke tim mereka.

“Jadi…ini sudah resmi bahwa Marc Marquez akan memulai musim 2024 dengan baik di Valencia untuk tes resmi MotoGP!,” ungkap tweet Gresini Racing.

Marquez akan bertandem dengan adiknya sendiri, Alex Marquez selama tahun 2024 mendatang di tim Ungu Italia itu. (tra)