Asep Adi Saputra

Kastara.ID, Jakarta – Mabes Polri pastikan kondisi di Papua relatif kondusif jelang perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2019 mendatang.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, secara umum di Papua situasi dalam keadaan damai dan kondusif.

Selain itu, personel Polri dan TNI terus melakukan antisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi terkait perkembangan situasi di Papua. Lebih lanjut, Asep menyebut aparat keamanan juga telah melakukan perhitungan dan analisa berbagai aspek dalam rangka pengamanan jelang HUT OPM.

Sebelumnya, Polri telah mengeluarkan larangan kepada masyarakat Papua melakukan perayaan jelang HUT OPM di Papua.

Sementara Karo Penmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono mengatakan, polisi telah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik di Papua jelang HUT OPM, untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di Papua.

Polda Papua bakal mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua jelang HUT OPM pada 1 Desember 2019. Menurut Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat.

Polisi sudah bersepakat dengan Pemprov setempat untuk melarang segala bentuk kegiatan apapun dalam rangka memperingati HUT OPM itu. (yan)