Timnas Indonesia U-23

Kastara.ID, Manila – Hasil positif kembali diukir pasukan Timnas U-23 di ajang SEA Games 2019. Hari Kamis (28/11) malam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, tim polesan pelatih Indra Sjafrie tersebut berhasil kembali meraih kemenangan 2-0 lawan Singapura.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Osvaldo Haay pada menit ke-64. Osvaldo masuk sebagai pemain pengganti Muhammad Rafli pada menit ke-30. Rafli ditarik keluar lapangan setelah sempat mendapatkan perawatan karena mengalami cedera bagian pergelangan kaki.

Asnawi Mangkualam Bahar menambah keunggulan bagi Indonesia pada menit ke-74. Asnawi berhasil mencetak gol setelah menerima umpan silang dari Osvaldo. Indonesia sebenarnya mempunyai banyak peluang untuk menambah keunggulan. Salah satunya pada menit ke-52, Egy Maulana Vikri mempunyai peluang mencetak gol. Tapi bola sepakannya berhasil ditepis kiper Singapura, Muhammad Zharfan.

Pelatih Indra usai pertandingan mengakui jika pertandingan lawan Singapura kali ini jauh lebih menegangkan dibandingkan lawan Thailand sebelumnya. Dia mengakui jika permainan anak asuhnya di babak pertama tidak berjalan maksimal sesuai keinginannya. Untung setelah melakukan beberapa pergantian di babak kedua, permainan timnya membuahkan hasil.

“Saya akui memang babak pertama permainan anak-anak tidak maksimal, oleh karena itu saya melakukan beberapa pergantian pemain. Dan alhamdulillah di babak kedua para pemain bisa menunjukkan kekoampakan tim dan bisa berkembang dengan berhasil memenangkan pertandingan,” katanya.

“Pada babak kedua kami baru bisa melakukan hal-hal yang membuat Singapura kedodoran. Dua gol yang terjadi karena memang kecepatan yang dimiliki pemain kami yang membuat kontribusi untuk gol-gol tersebut. Berikutnya kita akan melawan Vietnam, bagaimana dengan kekuatan tim? saya belum bisa menjawabnya sekarang, karena saya masih harus melihat kondisi masing-masing pemain,” tambahnya.

Kemenangan atas Singapura ini membuat posisi Indonesia tetap di urutan kedua klasemen Grup B dengan 6 poin. Perolehan poinnya sama dengan Vietnam yang menempati puncak klasemen, tetapi mereka unggul jumlah gol.

Posisi ketiga ditempati Thailand dengan koleksi 3 poin. Setelah kalah 0-2 lawan Indonesia, Thailand menang 7-0 atas Brunei Darussalam. Singapura di urutan keempat dengan 1 poin. Posisi kelima ditempati Laos dengan 1 poin. Di posisi juru kunci diisi Brunei Darussalam tanpa gol.

Laga berikutnya, Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, pada Ahad, 1 Desember 2019, pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB. (tra)