SiPetaniDKI

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan webinar dalam rangka sosialisasi website SiPetaniDKI yang dapat diakses di https://openstreetmap.id/dkpkp/ (28/12).

Layanan itu merupakan implementasi dari Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pertanian Perkotaan dan implementasi Desain Besar Pertanian Perkotaan Tahun 2018-2030.

Perwakilan dari Bidang Pertanian DKPKP Provinsi DKI Jakarta, Sri Harini dalam kesempatan itu menjelaskan, di dalam website tersebut ada peta sebaran urban farming di seluruh Jakarta, pelayanan bibit tanaman online, dan yang terbaru adalah klinik tanaman online.

“Jadi bapak, ibu melalui SiPetaniDKI bisa mengajukan bibit tanaman. Kalau tanaman bapak, ibu terkena penyakit bisa ditanyakan melalui SiPetaniDKI,” ungkapnya.

Di dalam SiPetaniDKI ada platform Ushahidi untuk membuat, memvisualisasikan, dan berbagi cerita melalui sebuah peta. Melalui platform Ushahidi, para petani perkotaan dapat tampil dan berbagi cerita sesuai dengan apa yang dialami menggunakan peralatan.

“Ushahidi juga dapat menarik informasi mengenai kejadian bencana dari berbagai sumber. Setelah informasi terkumpul, sukarelawan memasukkan informasl-informasi tersebut ke dalam peta, terbentuklah Crowdmap. Informasi tersebut dapat membantu pemerintah atau organisasi untuk memberikan bantuan obat-obatan, makanan, dan sebagainya,” tambahnya.

Beberapa narasumber dalam webinar tersebut mempraktikan cara pemanfaatan SiPetaniDKI secara live sehingga bisa dimengerti dengan baik oleh para peserta webinar. (hop)