Wuhan

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Jepang dilaporkan telah berhasil mengevakuasi warganya dari Kota Wuhan, China. Dilansir dari Reuters (29/1), 206 warga Jepang telah mendarat di Bandara Haneda, Tokyo. Para warga negara Jepang terpaksa dievakuasi guna menghindari penyebaran virus corona yang berpusat di Wuhan.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan, 206 warga tersebut adalah sebagian dari 650 warga Jepang yang tinggal di Wuhan. Itulah sebabnya pemerintah Jepang akan segera mengupayakan evakuasi tahap kedua. Namun Toshimitsu belum bisa memastikan kapan 444 warga sisanya dijemput.

Sebanyak 206 warga Jepang tersebut baru sebagian dari total warga Jepang di Wuhan. Berdasarkan keterangan dari Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi, total ada 650 warga Jepang di Wuhan yang berharap bisa segera dipulangkan. Dengan kata lain, masih ada 444 warga yang mengantre untuk dievakuasi dari kawasan penyebaran virus Corona.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebelumnya telah mengatakan, pemerintahannya akan mengupayakan segala cara untuk memulangkan warganya dari kawasan penyebaran virus Corona.

Sementara itu Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan, pihaknya akan segera menjemput warganya dari Wuhan. Saat ini pemerintah Malaysia sedang  mengupayakan proses diplomasi guna mendapat akses masuk ke Kota Wuhan.

Mahathir menyebut 78 warga Malaysia diketahui tinggal di Wuhan. Beberapa negara lain, seperti Inggris, Belanda, Spanyol, Russia, dan Amerika Serikat juga tengah mencoba melakukan evakuasi. Mereka tengah menunggu izin pemerintah Cina untuk untuk memulangkan warganya dari kawasan penyebaran virus Corona. (har)